Monday, November 17, 2014

Soft Start - Biar MCB gak down / turun / njegleg

Meteran listrik di rumah saya cuma 1300. Daya segitu untuk 7 buah PC, kulkas, kipas angin, m.cuci, penerangan, adaptor kecil2 buat perangkat wifi yang di tower dll. Permasalahan sering terjadi saat ada pemadaman listrik (waktu listrik padam pasti masalahnya adalah gak ada strum :D).
Ketika PLN menyalakan lagi aliran listriknya maka mendadak MCB akan langsung njepat/njeglek/down/turun, dan untuk menyalakan kembali aliran listrik dirumah,  saya harus memaksa menekan saklar on pada MCB beberapa kali sampai mau nyantol :(
coba anda bayangkan jika pemadaman sesaat terjadi tengah malam saat anda tidur, maka anda harus bangun ketika terdengar suara MCB "njepat" sebagai tanda bahwa aliran listrik sudah menyala kembali.. :'(

setelah googling sana sini.. maka diambil kesimpulan bahwa MCB down saat aliran listrik nyala pertama kali adalah karena capasitor yang terdapat pada power suplay komputer dan adaptor switching masih kosong, begitu listrik nyala maka para kapasitor akan serentak minta diisi dan semuanya minta cepat2 penuh, akhirnya medadak permintaan daya yang sangat besar  melebihi kapasitas daya MCB, lalu "ceklekkk" - MCB njepat.

berarti masalahnya adalah bagaimana agar sewaktu aliran listrik nyala kembali, para capasitor di isi secara pelan-pelan saja, jadi mcb gak kepanasan / njegleg. tapi hanya dalam hitungan dibawah 5 detik. setelah 5 detik (capasitor udah penuh) listrik di suplay normal lagi / di loss  . karena klo keterusan di tahan-tahan bisa merusak perangkat. dan semua klo ditahan-tahan bisa bikin penyakit. :D


nah berikut ini saya akan sharing softstart yang menurut saya dan efesien.

gambar disamping adalah rangkaian softstart yang dijual dipasaran tinggal pakai , tapi rangkain ini hanya di desain untuk satu peragkat (kulkas / tv / amplifier gede).cara kerja alat ini adalah dengan memberikan hambatan (resitor 47 ohm 15 watt) saat pertama kali aliran listrik dinyalakan selama 2 detik. setelah itu relay akan aktif dan mem-bypass resistor (tanpa hambatan lagi)

lah trus klo buat satu rumah sekalian bisa gak ? jelas bisa asal ada komponen diganti, dari penjelasan diatas maka untuk beban yang besar perlu mengganti/menambahkan komponen resistor dan relay/kontaktor



Gambar disamping adalah hasil sedikit modif pada relaynya. jadi output dari rangkaian langsung masuk ke kumparan relay (krn relaynya sudah 220v), sedangkan resistornya tetap pake aslinya.
Softstart ini diperuntukkan buat lab komputer yang tiap harinya harus on/off mcb ruangan. mampu menghandle 12 pc tanpa membuat njeglek mcb meteran ketika mcb ruangan di on-kan.
Tapi setelah 3 bln, resistornya putus karena kepanasan / kekecilan ::D
Karena di kota saya susah mencari Resistor dengan watt besar, maka nanti klo udah mentok terpaksa bikin resistor sendiri pake kawat nikelin.



 Nah.. klo gambar disamping ini,, softstart yang dipasang dirumah saya, sudah ditambah capasitor untuk memperbaiki kualitas sinus jala-jala PLN.

udah dulu ah ngantuk.. eh iya,, bbm premium udah naik jadi Rp. 8500.



0 comments:

Post a Comment