Sunday, November 10, 2013

Para Maling Hotspot-ku


Dalam sebulan ini saya disibukkan dengan para maling bandwidth.. bandwidth sampai habis terkuras, pelanggan complain, dan mulai cemas jika sampai putus langganan.. artinya usahaku akan mati, jika harus demikian artinya aku harus "mematikan" para maling-maling in lebih dulu. tinggal tunggu waktu saja.

Saya tidak tahu tehnik apa yang mereka gunakan (maklum, karena saya gak pernah mikir jadi maling sih.), tetapi jika diperhatikan, mereka bisa akses internet melalui hotspot saya tanpa login (tidak tampak di quee simple dan hotspot - active) tapi bandwidth bisa terkuras habis bis bis...

Ini contoh penampakannya :

perhatikan "status H" dan yang dalam baris kotak biru. jika dicek di menu tab "Active" maka tidak ada mac address tersebut, artinya maling udah masuk system tanpa login (lihat di Tx/Rx Rate) . dan sayapun bingung..ciri lainnya adalah IP yang tampak di kolom "Address" dan "To Address" adalah sama, artinya si maling tidak masuk dalam pool yang telah disediakan sesuai paket yang saya buat.

Senjata andalan si google mulai beraksi, alhasil mendapat pecerahan untuk blok/drop berdasarkan mac / ip / hostname.. hmm.. langsung dicoba.. dan teratasi, tetapi dalam dalam hitungan menit,, nongol lagi tuh maling (mulai asah golok).

Jika drop ip/mac/hostname apa masih bisa diandalkan jika seperti ini.
itu masih gak seberapa, dibawah masih ada hostname yg sama tapi beda ip dan mac . :(, sepertinya "para" maling ini saling bahu membahu, artinya mereka dalam kelompok (kost2an, rumah kontrak yg diisi banyak orang dg punyak banyak laptop/mahasiswa/pengangguran yang isi otaknya sangat maju tapi sayangnya untuk maling)

berarti  tehnik drop ip/mac gak berlaku ditempat saya.. 
kemudian coba tanya sana sini dapat pencerahan untuk membatasi/memperkecil pool dhcp, belum sempat saya terapkan saya lalu berpikir, jika pool dhcp di persempit, apakah jika ada pelanggan baru bisa login ? :D

Perhatikan lagi gambar berikut :
itu adalah daftar client yang berhasil masuk dengan login resmi, pertanyaanya kenapa mac address sama, tapi ip dan username beda ? , awalnya sempat panik, tapi ternyata itu adalah pelanggan resmiku semua yang melewati repeater..  lah, koq yg tampil mac repeaternya.. saya gak bisa jelasin, malah bingung ndiri, tapi jika dilihat dari dhcp lease, mac tersebut tidak ada, dan mac client yang tertera memang beda-beda :D

trus apa yang saya lakukan.. ? baca diposting berikutnya.. lanjut besok ya.





2 comments:

Budi Est said...

sing lagi mumet,, ayo urun rembug..
sekalian para maling kesini untuk beri masukan..

bang anang siswo n said...

kan bisa di block di ip binding mas. pilih mac terus di block.

Post a Comment