Sunday, September 29, 2013

P2P Bullet M2HP vs Engenius ENH200EXT


Membuat koneksi jarak 27km menggunakan wireless dengan medan penuh dengan pohon-pohon tinggi dan ada ketinggian dari dunia lain yang awalnya membuat ciut nyali untuk melanjutkan.. namun akhirnya bisa konek dengan kualitas yang lumayan bagus. setelah saya lemas akhirnya lega (naik turun tower untuk pointing).

Kondisi lapangan dilihat menggunakan google earth :




Dan ada ketinggian di antara point.. kira-kira dataran apakah ini?


benda apakah itu? :(

Namun pekerjaan tetap saya lakukan.. dengan bismillah.

Perangkat yang saya gunakan disisi AP pusat adalah Bullet M2Hp dipadukan dengan antena grid 2,4 kenbotong diletakkan pada triangle diketinggian 27 meter, sedangkan disisi client adalah Engenius ENH200EXT dipadukan dengan antena grid kenbotong dengan ketinggian 18 materan.

Kedua antena saya berikan tambahan kasa (kawat nyamuk, seperti jaring-jaringnya parabola) alumunium dilekatkan pada sisi belakang grid dengan mengikatnya menggunakan kawat (isi kabel UTP), tujuannya untuk menambah kekuatan daya pancar.. hahahaaa.

Awalnya saya kesulitan untuk mengoneksikan kedua perangkat yang berbeda merk ini. hampir setengah hari waktu dihabiskan hanya untuk setting.. untung masih belum dinaikkan..

Berikut SS setingan dan hasilnya.

AP pusat :


AP Client :


tes browsing dan youtube yang sudah ter-hit diproxy lumayan leb leb leb....

Sekian, semoga bermanfaat, khususnya untuk saya sendiri. dengan Alhamdulillah.

0 comments:

Post a Comment