Sunday, September 25, 2011

Memasang Live Graph di Clearos

Mengamati trafic jaringan lebih enak dianalisa jika ditampilkan dalam bentuk grafik dari pada melototi angka-angka yang berseliweran.(dari dulu..... :P).... di clearos untuk membuat live graph ternyata gampang (kalo udah ngerti... :P)....  live graph apaan sih.. nih gambarnya klo bingung :

enakkan ngeliatnya.... grafik tersebut akan bergerak sesuai bandwidth yang digunakan untuk kirim dan terima dari tiap-tiap lancard... pasti gak sabar, pengen ngintip caranya.. :P

Berikut langkah-langkanya.. harus berurutan seperti membaca teks pancasila gitu ngerjainnya. :
____________________________________________________________________________
rpm --import ftp://timburgess.net/RPM-GPG-KEY-TimB.txt
wget ftp://timburgess.net/repo/clearos/5.2/os/timb-release-1-0.noarch.rpm
rpm -Kv timb-release-1-0.noarch.rpm
rpm -Uvh timb-release-1-0.noarch.rpm
yum --enablerepo=timb install app-backuppc
yum --enablerepo=timb install app-bandwidth-graph
wget http://www.timburgess.net/files/dashboard-index.php.v2.patch
wget http://www.timburgess.net/files/dashboard-head.inc.patch
yum install patch dashboard-index.php.v2.patch
yum install patch dashboard-head.inc.patch
patch -p0 < dashboard-index.php.v2.patch
patch -p0 < dashboard-head.inc.patch
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
gampang kan,, sekarang coba reload, atau masuk ke menu Report - Overview.
Jangan tanya fungsi dari masing-masing baris perintah diatas, panjang jelasinnnya,,, lagian saya juga gak ngerti-ngerti amat koq..  kwkkkwkwkwkkw.

Lebih mantap lagi jika ditambahkan bandwidth monitor, fungsnya unttuk melihat trafik lebih detil per-port, ini diperlukan jika ingin melakukan pengaturan menggunakan bandwidth manager.. berikut perintahnya :
 ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
wget ftp://www.timburgess.net/repo/clearos/5.2/os/app-bandwidth-monitor-5.1-8.i386.rpm
yum localinstall --nogpgcheck app-bandwidth-monitor-5.1-8.i386.rpm
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Jika berhasil, tampilannya kurang lebih seperti ini :

Clearos emang keren.... :D

2 comments:

Anonymous said...

bagus ni om.. kalo pengin remove lagi gimana?

Arief Iwan Cahyono said...

izin copas gan, singgah kalau ada waktu ya gan, terimas kasih

Post a Comment