Thursday, April 14, 2011

G2 short. suara normal, tabung gelap meski heater nyala : LG Flat

help again : TV LG 21", suara normal, gambar gelap, heater nyala, FBT nyembur, teg. rgb normal, teg fokus ada, teg. G2 0, jika G2 dilepas dr rangk., teg. bisa keluar... cek pin crt gak ada yg short, udah ganti socket, udah ganti capasitor (G2 - gnd).
semua pin dicek pake avo meter, gak ada yg short antar pin2nya... dan terakhir saya coba, klo soket dilepas, G2 ada tegangan.. tapi klo ditancap lagi teg.. hilang..... mungkin emang harus di senggol sama kabel screen.
Cara ngecreetnya :
  • Pada saat TV mati, lepas kapasitor screen, kabel screen dan kabel focus..... dari PCB RGB....
  • Nyalakan TV, terus tempel sekitar 1 sampai 2 detik ujung kabel focus ke Pin G2/Screen.... creeeeeetttt
  • Matikan TV, kembalikan semua ke posisi semula dan coba nyalakan lagi TV  
Dg trik2 diatas ternyata mantap... tapi msh ada uneg2. waktu mau nempelin kabel G1 ke pin G2 msh dijarak 2cm api udah nyamber creeeet dan layar langsung byar (blm sempet ditempelin).... lalu saya pasang lagi kabel2 ketempatnya.... dinyalain, gambar langsung keluar... cukupkah begitu saja, atau kabel harus sempet nempel ?
Ternyata Cukup kalau gambar udah keluar....., ditempel tuh kalau agak bandel... atau dengan cara
  • kalau mau di coba kalau dapat kasus demikian lagi...karena untuk tv flat dan slim memang sering begitu short g2 dan g1.....ambil dioda 1 amper solder ujung anoda dioda di teg 180 volt dan katoda tempelkan sesaat di g2 yang short...pasisi tv hidup dan semua terpasang di tempatnya....  
  

1 comments:

Anonymous said...

Apakh rangkaian rgb di lepas untuk mmbuat sort g2 dngn g1 ?

Post a Comment